Kamis, 15 September 2016

Melakukan Monitoring Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan (6)



KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL REPUBLIK INDONESIA
DIREKTORAT JENDERAL MINYAK DAN GAS BUMI

Laporan
Melakukan Monitoring Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan (6)

PENDAHULUAN
1.    LATAR BELAKANG
Melanjutkan laporan kami pada tanggal 25 April 2016, kegiatan monitoring penggunaan aplikasi sistem informasi kearsipan keenam mempunyai fokus pelaksanaan SIPD Ditjen Migas.
SIPD Ditjen Migas tersebut dapat ditelusur pada alamat http://surat.migas.esdm.go.id/migas/ . tampilan awal sebagai berikut
Pada laporan tersebut kami laporkan aktivitas sampai dengan bulan april 2016. Untuk itulah pada laporan kali ini, kami sampaikan kelanjutan aktivitas kami pada bulan Mei, Juni, Juli, dan Agustus 2016.
Kami sampaikan kembali bahwa kedudukan sebagai seorang arsiparis adalah menjadi analis business proses yang membantu para programmer. Programmer sering menanyakan alur persuratan dan output dari business proses. Kami sampaikan kepada programmer, kemudian dieksekusi menjadi bahasa pemograman.
2.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan adalah untuk menyampaikan perkembangan pelaksanaan SIPD Ditjen Migas dan monitoring aplikasi terkait dokumen dan surat - surat

3.    WAKTU PELAKSANAAN
kegiatan monitoring penggunaan aplikasi sistem informasi kearsipan dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2016

ISI LAPORAN

Aktivitas sebagai arsiparis dalam melaksanaan SIPD yang kemudian kami singkat menjadi SIPD Ditjen Migas disusun berdasarkan hari pelaksanaan sebagaimana tabel dibawah ini;
No
Tanggal
Hari
Kegiatan
1
25-Mei-16
rabu
Presentasi SIPD di depan pak Sesditjen Migas
2
26-Mei-16
kamis
Persiapan presentasi dan koordinasi hotel  The Margo Depok
3
27-Mei-16
jumat
Pengurusan administrasi ujicoba SIPD di hotel  The Margo Depok
4
29-Mei-16
minggu
Pelaksanaan uji coba aplikasi SIPD bersama para sekretaris pimpinan di hotel  The Margo Depok
5
30-Mei-16
senin
Pelaksanaan uji coba aplikasi SIPD bersama para pejabat eselon di lingkungan SDM di hotel  The Margo Depok
6
01-Jun-16
rabu
Penyusunan KAK implementasi sistem terkomputerisasi dan surat Permintaan pengadaan
7
08-Jun-16
rabu
Pelaksanaan ujicoba aplikasi SIPD di Gd, Migas lantai 15B
8
10-Jun-16
jumat
Penyusunan konsep laporan sosialisasi SIPD
9
14-Jun-16
selasa
Konsep undangan ujicoba SIPD untuk pengadministrasi surat
10
15-Jun-16
rabu
Pembuatan dan editing user acount dan unit pengolah pada aplikasi SIPD
11
23 - 24 Jun-16
kamis
Ujicoba SIPD di Hotel Ammarosa Bekasi
13
27-Jun-16
senin
penyusunan laporan ujicoba SIPD untuk pengadministrasi
15
12-Jul-16
selasa
konsep acara konsinyering di aston sentul (tata laksana penerimaan dan pengiriman surat)
16
13-Jul-16
rabu
Evaluasi aplikasi SIPD
17
14-Jul-16
kamis
Penyusunan paparan aplikasi SIPD
18
15-Jul-16
jumat
Sosialisasi SIPD  (tata laksana penerimaan dan pengiriman surat ) di Hotel Aston Sentul
19
26-Jul-16
selasa
Konsep undangan sosialisasi SIPD untuk staf di BSD,
laporan Sosialisasi SIPD  di Hotel Aston sentul
21
29 - 30-Jul-16
sabtu
Pelaksanaan sosialisasi SIPD di Santika BSD
22
01-Agust-16
senin
Monitoring user aplikasi SIPD dan moderasi grup surat dan arsip
23
02-Agust-16
selasa
Penyusunan konsep undangan monitoring SIPD
24
02-Agust-16
selasa
evaluasi update aplikasi SIPD
25
03-Agust-16
rabu
moderasi grup SIPD, dan trial eror, menyampaikan ke programmer
26
05-Agust-16
jumat
Penyusunan konsep laporan dan surat edaran pelaksanaan disposisi elektronik
27
08-Agust-16
senin
Pelaksanaan rapat pemantauan aplikasi SIPD di Gd. Migas Lt.15
28
10-Agust-16
rabu
pengarahan Dirjen atas pengembangan aplikasi surat, digitalisasi dokumen, embrio aplikasi perizinan, dan adanya petugas yang membantu persuratan DJM
29
11-Agust-16
kamis
konsep ND tentang tata laksana pengiriman nota dinas internal
30
16-Agust-16
selasa
konsep undangan sosialisasi e -surat bandung
31
21 – 22 Agust-16
minggu
Pelaksanaan sosialisasi SIPD di Hotel Grand Sovia Bandung
33
24-Agust-16
rabu
evaluasi SIPD

Aktivitas arsiparis pada pelaksanaan rapat atau konsinyering atau sosialisasi adalah sebagai pemandu diskusi, pembawa acara serta penyusunan konsep laporan. Adapun pertemuan tersebut bertujuan untuk memberikan umpan balik terhadap sistem yang telah dibangun. Berikut pelaksanaan acara termaksud dalam bentuk table.

No
Tanggal
Kegiatan
1
29-30 Mei-16
Pelaksanaan uji coba aplikasi SIPD bersama para sekretaris pimpinan dan para pejabat eselon di lingkungan SDM di hotel  The Margo Depok
2
08-Jun-16
Pelaksanaan ujicoba aplikasi SIPD di Gd, Migas lantai 15B
3
23 - 24 Jun-16
Ujicoba SIPD di Hotel Ammarosa Bekasi
4
15 – 16 Jul-16
Sosialisasi SIPD  (tata laksana penerimaan dan pengiriman surat) di Hotel Aston Sentul
5
29 - 30-Jul-16
Pelaksanaan sosialisasi SIPD di Santika BSD
6
08-Agust-16
Pelaksanaan rapat pemantauan aplikasi SIPD di Gd. Migas Lt.15
7
21 – 22 Agust-16
Pelaksanaan sosialisasi SIPD di Hotel Grand Sovia Bandung

Setiap kali pelaksanaan mengusung tema yang berbeda, tema tersebut yang pertama adalah untuk sekretaris pimpinan, yang kedua untuk pejabat pengawas dan administrator (eselon III dan IV), ketiga untuk pengadministrasi data di setiap unit eselon III, keempat adalah mencari kesepakatan tata laksana pengiriman surat internal, kelima dan ketujuh mempunyai sasaran staf atau pelaksana.

Untuk lebih menggambarkan pelaksanaan kegiatan termaksud, terlampir laporan sebagai bukti kerja .

PENUTUP
Demikian laporan ini disusun untuk menjadikan bahan evaluasi serta menjadi bukti kerja arsiparis serta bukti kerja pada Sasaran Kinerja Pegawai.



Jakarta, 31 Agustus 2016
Pelapor,

Nurul Muhamad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar