|
|
|
|
||
21
|
Penyiapan dan Penawaran Wilayah
Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi Melalui Lelang Reguler
|
Aktif
|
Inaktif
|
Keterangan
|
|
|
a.
|
Penyiapan Wilayah Kerja
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
b.
|
Penawaran Wilayah Kerja
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
c.
|
Pengajuan Permintaan Wilayah Kerja
(WK) Oleh Badan Usaha
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
d.
|
Bid Info Untuk Penawaran Wilayah
Kerja
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
e.
|
Berita Acara Pelaksanaan
Konsultasi Daerah dalam rangka Penawaran Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas
Bumi
|
5
Tahun
|
30
Tahun
|
Permanen
|
|
f.
|
Penangguhan Proses Usulan Wilayah
Kerja (WK) Baru
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
g.
|
Perpanjangan Kontrak Kerja Sama
|
5
Tahun setelah ditentukan kontraktor baru
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
h.
|
Penetapan Wilayah Kerja (WK),
Bentuk dan Ketentuan Pokok KKS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
i.
|
Dokumen Kontrak Kerjasama Migas
|
2
Tahun setelah penandatangan kontrak
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
j.
|
Promosi Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
k.
|
Pengumuman Tender Wilayah Kerja (WK)
Minyak dan Gas Bumi
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
l.
|
Izin Survey Umum
|
2
Tahun setelah izin selesai
|
3
tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
e.
|
Berita acara klarifikasi Titik
Koordinat Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi/KP Batubara/PKP2B
|
1
Tahun setelah penandatangan kontrak
|
2
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
f.
|
Pertimbangan BPMIGAS
|
6
Tahun
|
30
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
g.
|
Penetapan Badan Usaha/Bentuk Usaha
Tetap KKS
|
2
Tahun setelah penandatangan kontrak
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
h.
|
Penetapan Wilayah Kerja (WK),
Bentuk dan Ketentuan Pokok KKS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
i.
|
Dokumen Kontrak Kerjasama Migas
|
2
Tahun setelah penandatangan kontrak
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
||
23
|
Penyiapan dan Penawaran Wilayah
Kerja Gas Metana Batubara
|
aktif
|
inaktif
|
keterangan
|
|
|
a.
|
Pengajuan Joint Evaluation
(JE) / Joint Study (JS)
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
b.
|
Presentasi Pra, Mid dan Final
JE/JS:
|
|
|
|
|
Presentasi Pra JE/JS
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
|
Presentasi Mid JE/JS
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
|
Presentasi Final JE/JS
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
|
c.
|
Persetujuan Dirjen atas JE/JS
|
2
Tahun
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
d.
|
Dokumen Klarifikasi Titik
Koordinat Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi/KP Batubara/PKP2B
|
1
Tahun
|
2
tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
e.
|
Laporan Final JE/JS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
f.
|
Rekomendasi Term & Condition
KKS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
g.
|
Konsultasi Daerah dalam rangka
Penawaran Wilayah Kerja (WK) Gas Metana Batubara
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
h.
|
Pertimbangan BPMIGAS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
i.
|
Penetapan Wilayah Kerja (WK),
Bentuk dan Ketentuan Pokok KKS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
j.
|
Penetapan Badan Usaha/Bentuk Usaha
Tetap KKS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
k.
|
Dokumen Kontrak Kerja Sama Gas
Metana Batubara
|
5
Tahun setelah kontrak selesai
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
l.
|
Jaminan Pelaksanaan Komitmen Pasti
3 Tahun Pertama
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
m.
|
Penetapan Wilayah Kerja Gas Metana
Batubara
|
2
Tahun setelah penandatangan kontrak
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
n.
|
Dokumen Kontrak Kerja Sama Gas
Metana Batubara
|
2
Tahun setelah penandatangan kontrak
|
2
Tahun
|
Permanen
|
24
|
Monitoring Work Program &
Budget (WP&B) KKKS
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
|
||
25
|
Fasilitasi Pelaksanaan Partisipasi
Interest
|
2
Tahun setelah disetujui
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
|
||
26
|
Penyelesaian Tumpang Tindih Lahan
|
|
|
|
|
|
Rekomendasi Penggunaan Wilayah
Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi untuk kegiatan
selain Minyak dan Gas Bumi
|
2
tahun setelah rekomendasi dilaksanakan
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Perpanjangan Kontrak KKS
|
|
|
|
|
|
a.
|
Dokumen Permohonan Perpanjangan
Dokumen Kontrak KKS
|
2
Tahun setelah masa perpanjangan kontrak selesai
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
b.
|
Surat Persetujuan Perpanjangan
Kontrak KKS Dari Menteri ESDM
|
2
Tahun setelah masa perpanjangan kontrak selesai
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
c.
|
Kontrak Perpanjangan KKKS
|
2
Tahun setelah masa perpanjangan kontrak selesai
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
||
28
|
Penilaian Rencana Pengembangan
Lapangan (POD Pertama)
|
|
|
|
|
|
a.
|
Dokumen Permohonan
Persetujuan POD Pertama/Revisi POD
Pertama
|
2
Tahun setelah masa kontrak selesai
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
b.
|
Surat Persetujuan POD
Pertama/Revisi POD Pertama Dari Menteri ESDM
|
2
Tahun setelah masa kontrak selesai
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
||
29
|
Penetapan Harga Gas
|
|
|
|
|
|
a.
|
Evaluasi Permohonan Penetapan
Harga Gas
|
2
Tahun setelah Penetapan Harga Gas yang baru
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
b.
|
Surat Persetujuan Harga Gas oleh
Menteri ESDM
|
2
Tahun setelah Penetapan Harga Gas yang baru
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
||
30
|
Pelayanan Eksploitasi Minyak dan
Gas Bumi
|
|
|
|
|
|
a.
|
Rekomendasi Penggunaan Data
Eksploitasi (publikasi makalah, analisa laboratorium, Reprocessing)
|
1
Tahun
|
10
Tahun
|
Musnah
|
|
b.
|
Penetapan Pengusahaan Minyak Bumi
dari Sumur Tua
|
2
Tahun setelah masa penetapan berakhir
|
10
Tahun
|
Permanen
|
|
c.
|
Penetapan Pengusahaan Lapangan
Produksi yang Dikembalikan Kepada Pemerintah
|
5
Tahun setelah masa penetapan berakhir
|
10
Tahun
|
Permanen
|
|
d.
|
Buku Cadangan Minyak dan Gas Bumi
|
1
Tahun setelah diupdate
|
10
Tahun
|
Permanen
|
|
e.
|
Kajian Eksploitasi Minyak dan Gas
Bumi
|
2
Tahun setelah pelaksanaan
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
f.
|
Presentasi Makalah/Sambutan
|
1
Tahun
|
5
Tahun
|
Musnah
|
|
|
|
|
||
31
|
Pemantauan Eksploitasi Minyak dan
Gas Bumi
|
|
|
|
|
|
a.
|
Laporan Evaluasi Sumur
Pengembangan
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
b.
|
Laporan Hasil Pemantauan Reservoir
Produksi
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
c.
|
Laporan Evaluasi Pengembangan
Lapangan
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
d.
|
Laporan Hasil Pemantauan Data
Produksi Minyak Bumi
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
e.
|
Laporan Hasil Pemantauan Data Produksi
Gas Bumi
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
f.
|
Laporan Hasil Inventarisasi Mutu
Minyak dan Gas Bumi
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
g.
|
Laporan Hasil Pemantauan Data
Harga Minyak dan Gas Bumi
|
|
|
|
|
Laporan Triwulan
|
1
Tahun setelah terbitnya Laporan yang baru
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
|
Laporan Semesteran
|
1
Tahun setelah terbitnya Laporan yang baru
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
|
Laporan Tahunan
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
|
h.
|
Laporan Produksi Minyak ke
JODI/OPEC
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Dinilai
Kembali
|
|
Laporan Triwulan
|
1
Tahun setelah terbitnya Laporan yang baru
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
|
Laporan Semesteran
|
1
Tahun setelah terbitnya Laporan yang baru
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
|
Laporan Tahunan
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Permanen
|
|
|
i.
|
Laporan Evaluasi Permintaan Data
Produksi Minyak dan Gas Bumi
|
2
Tahun
|
3
Tahun
|
Musnah
|
|
|
|
|
||
32
|
Pelayanan Eksplorasi Minyak dan
Gas Bumi
|
|
|
|
|
|
a.
|
Rekomendasi Presentasi Makalah
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
b.
|
Rekomendasi Publikasi Makalah
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Musnah
|
|
c.
|
Rekomendasi/Izin Pembukaan Data
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
d.
|
Rekomendasi/Izin Pengiriman Data Geologi
dan Geofisika
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
e.
|
Rekomendasi/Izin Pengiriman Data
ke Luar Negeri
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Permanen
|
|
f.
|
Unitisasi Lapangan Minyak dan Gas
Bumi
|
5
Tahun setelah berakhir kontrak
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
g.
|
Rekomendasi Pengalihan Interest
|
5
Tahun setelah berakhir kontrak
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
h.
|
Rekomendasi Penyisihan Wilayah
Kerja Minyak dan Gas Bumi
|
5
Tahun setelah berakhir kontrak
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
i.
|
Penyiapan Dokumen Pengakhiran
Kontrak
|
5
Tahun setelah berakhir kontrak
|
5
Tahun
|
Permanen
|
|
|
|
|
||
33
|
Pemantauan Eksplorasi Minyak
dan Gas Bumi
|
|
|
|
|
|
a.
|
Laporan Data Survei Seismik 2D,
3D, dan 4 D (per semester & tahunan)
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
b.
|
Laporan Data Pemboran Sumur
Eksplorasi (per semester & tahunan)
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
c.
|
Laporan Kinerja KKS
Eksplorasi/Tahunan
|
1
Tahun
|
2
Tahun
|
Dinilai
kembali
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan
Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan
Kamis, 31 Oktober 2013
JENIS DAN SERI ARSIP PEMBINAAN USAHA HULU MINYAK DAN GAS BUMI
PENGAJUAN DUPAK
1.
LATAR BELAKANG
Bukti kinerja arsiparis adalah Pengajuan
daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit (DUPAK). DUPAK dikumpulkan pada tiap
tahunnya 2 kali atau per semester. Di Kementerian ESDM, pengajuan DUPAK pejabat
fungsional diawali dengan pengiriman surat dari Biro Kepegawaian dan Organisasi
kepada sekretaris ditjen / sekretaris badan di lingkungan KESDM.
Waktu pelaksanaan Penilaian untuk semester
pertama yakni di bulan Mei, dan semester kedua berada di bulan November. Biro
kepegawaian dan Organisasi KESDM membentuk tim penilai instansi untuk arsiparis
tingkat terampil dan arsiparis tingkat ahli pada jabatan arsiparis pertama dan
muda gol III/a s.d III/d. sedangkan untuk arsiparis ahli dengan jabatan madya
golongan IV/a s.d IV/e tim penilai berada di ANRI.
Para arsiparis membuat DUPAK beserta lampiran
pada saat setelah menerima surat pemberitahuan pengajuan DUPAK. Batas untuk
pengajuan pada semester kedua tahun 2013 adalah tanggal 6 november 2013
2.
BATASAN MASALAH
Tulisan ini mempunyai batasan masalah yakni,
bagaimanakah sebaiknya seorang arsiparis dalam membuat bukti kinerja berupa
pengajuan DUPAK?
3.
KERANGKA BERPIKIR
Pengajuan DUPAK sesuai dengan jenjang
kepangkatan. Sesuai dengan PERMENPAN nomor dan surat keputusan bersama kepala
BKN dan Kepala ANRI bahwasanya pengajuan DUPAK dapat dilaksanakan untuk satu
jenjang diatas atau satu jenang dibawah. Namun demikian penilaian berbeda.
Unsur - unsur yang dinilai sesuai dengan
peraturan tersebut antara lain adalah unsur utama dan unsur penunjang. Sebagai
unsur utama terdiri atas pendidikan, kegiatan pengelolaan arsip, pembinaan
kearsipan, dan pengembangan profesi.
Bobot nilai yakni 80% di unsur utama dan 20%
di unsur penunjang. Jika melihat matrik atau tabulasi tim penilai, kebanyakan
para arsiparis melakukan pengajuan DUPAK pada kegiatan pengelolaan arsip. Kegiatan
pengelolaan arsip terdiri atas ketatalaksanaan kearsipan, pengolahan arsip,
perawatan dan pemeliharaan kearsipan, pelayanan kearsipan, dan publikasi
kearsipan.
4.
PEMBAHASAN
4.1. Ketatalaksanaan Kearsipan
Arsiparis pelaksana lanjutan memiliki tugas
untuk melakukan entri data ke dalam komputer. Bukti kerja berupa nomor dengan
poin 0,0015. Pada setiap harinya, seorang arsiparis pelaksana lanjutan dapat
melaksanakan entri dengan rata2 lima puluh entrian. Untuk mendapatkan satu
poin, seorang arsiparis lanjutan harus mengentri sejumlah 667 surat. Dengan
rata – rata per hari dapat mengentri lima puluh surat, diperlukan 13 hari kerja
untuk mendapatkan satu poin angka kredit
Pekerjaan yang dapat dilaksanakan arsiparis
pelaksana adalah melakukan monitoring penggunaan aplikasi sistem informasi
kearsipan. Dalam menafsirkan pekerjaan monitoring tersebut, penulis berpendapat
bahwa monitoring dapat dilaksanakan dengan memantau penggunaan sistem informasi
sebagai sarana dalam membatu dalam pelaksanaan tugas. Monitoring dapat
mempunyai output lebih memaksimalkan penggunaan TIK dalam bidang kearsipan. Misalnya
saja, berapa orang yang telah paham dalam penggunaan aplikasi persuratan dinas
di Ditjen Migas, sejauh mana efektifitas pelaksanaan kegiatan persuratan dengan
penggunaan aplikasi persuratan. Menganalisa kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan
TIK tersebut. Dan bagaimana lebih mensosialisasikan penggunaan TIK dalam mail handling serta mail tracking.
4.2. Pengolahan Arsip
Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh arsiparis dalam
pengolahan arsip adalah pembuatan daftar arsip inaktif per seratus nomor.
Daftar tersebut dibuat untuk arsip yang teratur atau yang tidak teratur.
Sebagai bukti kerja berupa daftar dengan kredit poin untuk arsip teratur yakni
0,3 dan arsip tidak teratur kredit poin 0,6. Pekerjaan lain dalam pengolahan
arsip adalah membuat laporan dalam pelaksanaan penyeleksian arsip inaktif yang
akan disusutkan. Poin dari pembuatan laporan tersebut adalah 0,08.
Secara perhitungan angka kredit, pekerjaan
pengolahan memiliki kesempatan dalam memperbanyak perolehan jumlah poin kredit
bagi arsiparis tingkat terampil. Hal tersebut karena output pekerjaan kearsipan
banyak menghasilkan daftar arsip.
4.3.
Perawatan dan Pemeliharaan kearsipan
Kegiatan untuk merawat yakni melakukan
penyimpanan dan penataan setiap 100
nomor merupakan kreedit poin bagi arsiparis pelaksana. Namun demikian seorang
arsiparis pelaksana lanjutan masih dapat melaksanakan kegiatan termaksud. Penafsiran
100 nomor pada kegiatan tersebut dapat berupa data arsip maupun nomor boks.
Pada setiap 100 nomor arsiparis mendaoatkan kredit sebesar 0,04. Jika laporan
penataan dan penyimpanan terdapat 3400 nomor
bokmaka dapat diilustrasikan mendapat poin 1,36.
Kegiatan arsiparis selanjutnya dalam rangka
perawatan dan pemeliharaan kearsipan adalah melakukan pemindaian atau scanning terhadap surat/naskah. Kredit
poin pada butir kegiatan ini juga cukup menggiurkan, dikarenakan memiliki
satuan ‘lembar’, sehingga mempercepat perolehan pundi pundi kredit poin.
4.4.
Pelayanan Kearsipan
Memberikan layanan alihmedia arsip
konvensioanal. Satuan butir kegiatan ini adalah lembar dengan nilai 0,01.
5.
KESIMPULAN
Poin - poin yang dapat disimpulkan dalam membuat bukti kinerja berupa pengajuan DUPAK yakni dengan kegiatan Ketatalaksanaan Kearsipan, Pengolahan Arsip, Perawatan dan Pemeliharaan kearsipan, dan Pelayanan Kearsipan
5.1.
Pengajuan DUPAK tergantung pada pemilihan
butir butir kegiatan merupakan orientasi penilaian. Hal tersebut belum dapat
memotret pekerjaan sesungguhnya atau pekerjaan riil yang dilaksanakan oleh
arsiparis;
5.2.
Arsiparis dengan jenjang jabatan yang lebih
tinggi, akan melaksanakan pekerjaan jejang satu jenjang di atas dan dibawah,
jika memang dilaksanakan, maka layak untuk dicantumkan di dalam DUPAK;
5.3.
Pekerjaan manajerial yang dilaksanakan
arsiparis, walau luput dari kerangka butir butir penilaian arsiparis misalnya,
melaksanakan pemindahan arsip dari central file ke records center. Melakukan
pengurusan penagihan sewa ruang arsip. melakukan penganggaran dengan pembuatan
TOR dan RAB Kearsipan serta melaksanakan realisasi anggaran kearsipan sebaiknya dibalut dalam kerangka butir butir sehingga dapat dicantumkan ke dalam DUPAK;
5.4.
Pembuatan bukti kerja harus mencerminkan waktu
pelaksanaan. Seorang arsiparis akan membuat Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan
(SPMK) bukan hanya setelah menerima surat pemberitahuan pengajuan DUPAK namun juga setelah pelaksanaan kegiatan kearsipan. Sehingga SPMK dapat menunjukkan kurun waktu sesuai dengan yang dilakukan sebenarnya.
Langganan:
Postingan (Atom)