Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan

Rabu, 08 Maret 2023

UK I KESDM Terakreditasi Istimewa AA

"Menjemput penghargaan" tulis Karo Umum KESDM di Grup Media Sosial Team pelaksana kearsipan itu 17 Mei 2022. Tak berselang lama, foto sertifikat yang terbingkai menununjukkan bahwa Unit Kearsipan I Kementerian ESDM meraih predikat Istimewa dengan nilai AA.

Sebagaimana tersebut dalam sertifikat, masa akreditasi berlaku sejak September 2021 sampai dengan September 2027. Sertifikat akreditasi penyelenggara kearsipan yang diterbitkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia ditandatangani oleh Kepala yakni Bapak Imam Gunarto pada tanggal 2 September 2021.

Sampai disini, nalar dan mental pekerja kearsipan energi dan sumber daya mineral sudah sepantasnya terus terbangun. Menjadi bagian dari terakreditasi, arsiparis pada setiap level dan tiap jenjang organisasi kearsipan siap menunjukkan kontribusinya.

Menginjak tahun kedua, sudahkah sertifikat akreditasi tersebut dimaknai "kontribusi" oleh pelaksana kearsipan??? Tentu menyelami makna itu tak bisa dilepaskan dengan kata "kolaborasi" tiap lini dan struktur organisasi kementerian Pertambangan dan Energi.

Pun menukil refleksi akhir tahun dari instansi ANRI kepada pejuang kearsipan, kata kolaborasi diharapkan dapat menembus batas layanan kearsipan yang semakin dekat dengan pengguna arsip. Bahkan membangun kembali organisasi dan sistem kerja kearsipan pun perlu diinisiasi sejak lini terkecil di instansi.

Tradisional yang diidentikan dengan cara cara lama perlu diubah dengan cara baru. perubahan pola pikir (mindset) untuk pemanfaatan arsip sebagai data dukung pertumbuhan ekonomi perlu diselami oleh setiap insan kearsipan.

Akhirnya, tulisan ini aku tutup dengan mempertegas kepada diri atas tugas penataan dan penyimpanan 11.200 boks atau setara dengan 2.450 meter linear per 8 Maret 2023. 

Tidak ada komentar: