Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan

Jumat, 14 Agustus 2015

Harapan Arsiparis pada Peraturan Kearsipan,

Penyelenggaraan kegiatan di birokrasi/adminstrasi pemerintahan memerlukan dasar landasan aturan. Urutan tata peraturan perundangan dari Undang undang, peraturan pengganti undang undang, peraturan pemerintah, peraturan presiden, keputusan presiden, peraturan menteri/lembaga non kementerian, keputusan menteri/lembaga non kementerian, keputusan direktur jenderal dan seterusnya.

Pun dalam pelaksanaan kegiatan kearsipan, memerlukan peraturan perundangan sebagai landasan pelaksanaannya. Dalam presepsi pelaksanaan, aturan diperlukan sebagai kesepakatan bersama di antara pemangku kepentingan sehingga dapat diterima. Salah satu pemangku kepentingan adalah petugas arsip atau arsiparis.

Tulisan berikut merupakan presepsi petugas arsip atau arsiparis terhadap peraturan kearsipan. Menurut Penulis , aturan merupakan kesepakatan dalam berbagai sudut pandang yang salah satunya adalah sudut pandang pelaksana kearsipan dalam hal ini arsiparis dan petugas kearsipan.
1. Hal hal yang diinginkan arsiparis atau petugas kearsipan  terhadap peraturan kearsipan adalah:
1.a. Adanya aturan bidang kearsipan menjadi solusi permasalahan kearsipan
1.b. Aturan mempermudah pelaksanaan kerja kearsipan
1.c. Adanya pembagian kewenangan kerja, bukan ego unit kerja
1.d. Aturan melindungi petugas kearsipan, pencipta arsip atau unit pengolah
1.e. Sebagai landasan penyusunan anggaran

1.a. Permasalahan kearsipan yang sering kita jumpai disekitar aktifitas birokrasi atau pemerintahan antara lain adalah:
1.a.1. Duplikasi yang tidak terkendali
1.a.2. Dokumen memenuhi ruangan kerja
1.a.3. Ruangan kerja tidak nyaman karena penuh dokumen
1.a.4. Kebutuhan ruang penyimpanan yang tidak dapat dipenuhi oleh unit
1.a.5. Kesulitan menemukan kembali
1.a.6. Kurangnya sumberdaya (anggaran, manusia, sapras)

Dari permasalahan di atas, penulis merumuskan akar masalah kearsipan di atas adalah sebagai berikut:
o   Teknologi informasi yang memudahkan menduplikasi arsip
o   Tidak ada kegiatan pemindahan dari ruang kerja ke ruang arsip
o   Penuhnya ruangan karena tidak ada program one day for document dalam tiap bulannya
o   Ruang kerja di jakarta semakin hari semakin mahal
o   Belom ada standarisasi pendataan arsip dan pemberkasan arsip
o   Pengadaan arsiparis yang terkendala dengan peta jabatan (konsekuensi fungsi organisasi yang melaksanakan fungsi kearsipan)

Hal – hal yang menjadi akar masalah kearsipan tersebut sudah tidak bisa ditinggalkan lagi dalam kegiatan administrasi pemerintah. Untuk menyikapi akar permasalahan tersebut, bidang kearsipan seyogyanya bersahabat bukan untuk mengindari bahkan menolaknya. Sebagai contoh kehadiran teknologi informasi komputer yang memudahkan duplikasi. Kemajuan teknologi yang mempunyai efek peningkatan pertumbuhan arsip arsip di birokrasi. Pada sisi yang lain, duplikasi membantu kecepatan dalam koordinasi pelasanaan proses pekerjaan. Namun pada sisi kearsipan, hal tersebut akan menciptakan pertumbuhan arsip dan menambah volume penyerta arsip, yang sebetulnya duplikasi bukan arsip jika terdapat bentuk aslinya.

1.b. Mempermudah pelaksanaan pekerjaan kearsipan
Aturan kearsipan hendaknya mengatur secara komprehensif mengenai manajemen kearsipan sehingga pola pikir pelaksana kearsipan tidak menjadi terpotong potong.  Manajemen kearsipaan terdiri atas
Penciptaan (registrasi surat), Penggunaan , Pemeliharaan dan penyusutan. Penyusutan antara lain mengatur:
1.b.1. Pemindahan dari unit pengolah ke unit kearsipan
1.b.2. Pemilahan dan pemusnahan arsip dan non arsip oleh unit pengolah
1.b.3. Pemusnahan arsip
1.b.4. Penyerahan asrip ke lembaga kearsipan

1.c. Aturan kearsipan memuat pembagian kewenangan dan pendelegasian kepada unit kerja dan arsiparis secara jelas.
Kewenangan dalam kearsipan tercermin dalam organisasi kearsipan yang membagi dua unsur yakni unit kearsipan dan unit pengolah. Unit kearsipan dilaksanakan oleh lini organisasi yang sering dijumpai dalam aturan Struktur Organisasi dan Tugas Fungsi suatu organisasi hanya lini terkecil. Misalnya di kementerian ESDM, terdapat satu numenkelatur kearsipan yakni kasubag kearsipan yang hanya terdapat di secretariat jenderal KESDM.
Pada tingkat satuan kerja yang kondisi gedung kantor secara terpisah, seyogyanya disiratkan pada aturan kearsipan unit kerja manakah yang melaksanakan fungsi unit kearsipan. Apakah kewenangan unit kearsipan?, dan bagaimanakah hubungan kerja dengan unit pengolah. Manakah unit pengolah juga harus disiratkan dalam aturan kearsipan, agar peraturan mudah dalam implementatif tidak menimbulkan penafsiran.
Sebagai ilustrasi berikut pembagian kewenangan
1.c.1. Pertimbangan tertulis dari panitia penilai arsip;
1.c.2. Mendapat persetujuan tertulis dari Ka. ANRI.
1.c.3. Duplikasi dan non arsip dimusnahkan oleh unit pengolah
1.c.4. PIC pemusnahan dan penyerahan arsp oleh Sekretariat Utama Lembaga Negara/ sekretaroat jenderal di kementerian sebagai unit kearsipan I

1.d. Aturan melindungi petugas kearsipan, pencipta arsip atau unit pengolah
Perlindungan dari aturan kearsipan antara lain adalah
1.d.1. Perlindungan terhadap kepastian hukum (pidana dan perdata)
1.d.2. Menjaga lingkungan kearsipan yang sehat
1.d.3. Extra fooding untuk petugas kearsipan
1.d.4. Keselamatan gedung dan ruang arsip
1.d.5. Standarisasi sarana dan prasarana kearsipan

1.e. Sebagai landasan penyusunan anggaran
Perencanaan anggaran kearsipan akan lebih dapat terakomodir jika instrument peraturan telah terbentuk. Keadaan bahwa tingkat alokasi anggaran kearsipan yang masih minim salah satunya dikarenakan belum ada aturan yang disepakati. 

Jumat, 07 Agustus 2015

Evaluasi dan Penilaian Pengelolaan Arsip Dinamis


Portofolio Kearsipan Ditjen Migas Semester I Tahun  2015

Unit kearsipan Ditjen Migas dilaksanakan oleh Sub Bagian Tata Usaha pada Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretarian Ditjen Migas dengan tugas pokoknya melaksanakan urusan tata usaha. Jumlah koleksi arsip Ditjen Migas adalah 5795 boks (status November 2014). Sampai dengan bulan Juli 2015 jumlah tersebut  terkoreksi menjadi 8192 boks. Rincian jumlah arsip dapat dilihat pada table berikut:
Table 1.  Jumlah arsip
No
Gedung penyimpanan
Jumlah boks
Jumlah daftar
1
Gedung Migas
1254
18
2
Gedung Pusat Arsip KESDM
1438
10
3
Gedung ruang sewa ANRI
3500
43
4
Gedung Arsip Lemigas
2000
1
Total Boks
8192
72

Sebagai unit yang melaksanakan menganai layanan di dukung dengan Sumber daya manusia kearsipan sebanyak 9 orang dengan rincian sebagaimana table berikut:
Table 2.  Sumber Daya Manusia
No
Jabatan
Jumlah
1
Pejabat Administrator/Kasubag tata usaha
1
2
Arsiparis ahli
1
3
Arsiparis terampil
2
4
Petugas arsip
4
5
Office Boy/Pembantu Umum
1
Total Orang
9

Layanan Kearsipan diberikan kepada unit pengolahan. Unit pengolah di lingkungan Ditjen Migas terdiri dari unit pengolah struktural dan fungsional sebanyak 36 unit dengan rincian sebagaimana table berikut:
Table 3.  Unit Pengolah
No
Kelompok Unit Kerja
Jumlah
1
Sekretariat eselon I
1
2
Sekretariat eselon II
5
3
Eselon III
24
4
Kelompok Kerja Pengadaan Barang/ULP
5
5
Pejabat Pembuat Komitmen
6
Total unit pengolah
36

Bentuk pelayanan kearsipan diberikan untuk memberikan dukungan manajemen teknis kepada pimpinan dan organisasi. Layanan kearsipan yang telah dilaksanakan sebagaimana table berikut:
Table 4.  Layanan
No
Jenis Layanan Kearsipan
Jumlah
satuan
1
Pendataan arsip aktif
1
Unit kerja
2
Pemindahan Arsip inaktif ke ruang arsip
13
ruangan
3
Pemilahan arsip dan non arsip
11
Unit kerja
4
Pendataan/deskrepsi arsip
11
Unit kerja
5
Penyimpanan arsip
3
gedung
6
Pemeliharaan ruang arsip
3
gedung
7
Pemindahan arsip ke Gd. Pusat Arsip KESDM
1
angkutan
8
Sosialisasi /ceramah kearsipan
1
pertemuan
9
Penelusuran / Peminjaman arsip
40
kesempatan
10
Aplikasi / system informasi arsip
1
sistem
12
Penyusunan daftar arsip
72
daftar
13
Penilaian arsip
0
rapat
14
Penggandaan / fotocopy arsip
0
mesin
15
Scanning/pemindaian arsip
3
pemindai
16
Editing data pada aplikasi arsip
15
kali
17
Maneuver (penggabungan/pengambilan) berkas dan boks
3
kali
18
Evaluasi dan Penilaian Pengelolaan arsip
1
laporan
Total layanan
179


Kamis, 09 Juli 2015

DRAFT PEMINDAHAN ARSIP KE UNIT KEARSIPAN


Nomor SOP
:
Tgl Pembuatan
:   Desember 2014
Tgl Revisi
:
Tgl efektif
:




KEMENTERIAN ENEGERI DAN SUMBER DAYA MINERAL
DIREKTORAT JENDERAL MINYAK DAN GAS BUMI
SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDERAL
Disahkan oleh
: Sekretaris Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi



[INSERT: NAMA]
[INSERT: NIP]

Nama SOP
:  PEMINDAHAN ARSIP
DASAR HUKUM

KUALIFIKASI PELAKSANA

1.     Peraturan MESDM No. 052 TAHUN 2006 tanggal 20 Oktober 2006 tentang Tata Persuratan Dinas dan Kearsipan DESDM
2.     Peraturan MESDM Nomor 18 tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian ESDM
3.     Keputusan Dirjen Migas No.: 19990.K/04/DJM/2007 tentang petunjuk Teknis Tata Persuratan Dinas dan Kearsipan Di Lingkungan Ditjen Migas
1.     Memahami dan menguasai manajemen kearsipan
2.     Mampu melakukan pendataan asrip (survei.
3.     Memahami Klasifikasi Arsip Migas
4.     Mampu mengoperasikan software dan input data pada data basi (Sistem Informasi Persuratan)
KETERKAITAN
PERALATAN/PERLENGKAPAN
1.     SOP Pengurusan Surat Masuk di Sub Bagian TU
2.     SOP Pengurusan Surat Investasi Migas
3.     SOP Pengurusan Disposisi Pimpinan
4.     SOP Pengurusan Konsep Surat Keluar Pimpinan
5.     SOP Pengurusan Pengiriman Surat Keluar
6.     SOP Pemindahan Arsip
1.     Box Arsip
2.     Folder
3.     Sistem Informasi Kearsipan Elektronik
4.     Personal Computer (PC)
5.     Label Box
6.     Printer
PERINGATAN
PENCATATAN DAN PENDATAAN
Apabila terjadi salah penyimpanan (Filling) dokumen, maka dokumen tersebut sulit untuk ditemukembalikan untuk mendukung proses pekerjaan.
Disimpan sebagai data elektronik dan manual

NO
KEGIATAN
PELAKSANA
MUTU BAKU
KET
Unit Pengolah
Tenaga Administrasi
Arsiparis
KELENGKAPAN
WAKTU
OUTPUT
1
Melakukan pendataan arsip yang akan dipindahkan


Pulpen,
Kertas,
PC dan Sistem kearsipan
4 Hari
Kerja
Daftar Arsip Inaktif

2
Menyeleksi arsip dari non arsip dan duplikasi yang berlebih



Daftar Arsip
JRA
Boks Arsip
5 Hari Kerja
Arsip yang akan di simpan

3
Menilai arsip inaktif yang akan dipindahkan



JRA
Daftar Arsip
7 Hari Kerja
Arsip yang akan di simpan

4
Membuat daftar arsip yang dipindahkan



PC, Printer
Sistem Kearsipan
1 Hari Kerja
Daftar Arsip Siap Pindah

5
Memberkaskan Arsip


Folder,
Boks Arsip
3 Hari
Kerja
Arsip sesuai Folder

6
Menata ke dalam boks berdasarkan klasifikasi



Folder,
Boks Arsip,
Daftar Klasifikasi
3 Hari
Kerja
Boks Arsip sesuai klasifikasi

7
Membuat dan menempel label boks arsip



Boks Arsip
Label
PC+Printer Spidol
1 Hari Kerja
Label Boks


8
Menata boks arsip pada arak/Role opac


Trolly
2 hari Kerja
Arsip Tertata Pada Rak

9
Membuat berita acara



Daftar Arsip Pindah, Jumlah boks dan folder
2 Jam
Berita Acara