Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan

Jumat, 22 November 2019

Artelnas19 9

Ajang pemilihan arsiparis teladan 2019 berakhir di Hall Lt. 26 Hotel Aston Priority pada sabtu, 17 Agustus kurang lebih 22.00 WIB. Menjadi bagian langsung dari perhelatan tersebut menyisakan gairah kearsipan baru. Gairah itu tak lagi menggebu gebu. Pun tak jua mendayu biru. Palagi meledak 💥ledak seperti bunyi petasan.

Baca juga
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/08/17/teladan-atau-terbaik/

Saat kita mempergunakan logika kinerja motor, bunyi suara stater yang meledak ledak justru menandakan kinerja motor kurang sehat. Pada mesin F1 misalnya, bunyi starter yang lembut saja dapat menghidupkan mesin asalkan disambut dengan kinerja onderdil busi motor yang masih sehat.

Begitu kiranya penulis menggambarkan gairah arsiparis. Arsiparis tak perlu untuk meledak ledak dalam menjalani gairah kearsipan. Cukup dengan memastikan bahwa kinerja sebagai arsiparis ibarat starter berjalan dengan normal. Karena saat menjadi starter maka kita hanya berfungsi untuk menghidupkan kinerja kearsipan dalam instansi.

Keseluruhan fungsi onderdil motor lah yang menjadi penanda performa mesin. Bukan semata mata starter namun keseluruhan sejak fungsi busi, pengaturan bahan bakar, tarikan gas, sampai dengan keluarnya asap hasil pembakaran energi di dalam mesin. So…semua berkaitan.

Baca juga
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/08/17/finalnya-teladan/

Hal di atas hanya salah satu persepsi dalam memandang ajang pemilihan arsiparis teladan yang berjalan dari tahun ke tahun. Kebetulan penulis mengikuti selama tiga kali (2014, 2016,2019). Ketiga kalinya menjadi bagian perhelatan bergengsi bagi komunitas kearsipan menuntun penyelaman sisi sisi keseluruhan.

Baca juga
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/08/16/uji-kearsipan-ke-uji-kebangsaan-artelnas-2019/

Fungsi mesin yang berjalan normal pun belum mutlak menentukan performa suatu kendaraan. Kebijakan pembinaan kearsipan nasional lah yang menjadi tolok ukur dari kontribusi suatu instansi yang menangani urusan kearsipan.

Bunyi suara mesin yang menyala secara sporadis kadang ditengarai sebagai kelemahan performa kendaraan. Kendaraan yang normal, dengan pengaturan dari pabrik pastilah berbeda dengan pengaturan turn up. Pada logika ini pun, menuntun kebijaksanaan kita untuk memahami kepentingan yang terdekat sesuai dengan kebutuhan. Apakah mesin pada pengaturan pabrik atau pengaturan turn up.

Mesin kearsipan berada di instansi yang tersebar pada 34 kementerian, 34 lembaga non kementerian, dan 34 pemerintah provinsi yang menaungi ribuan orang arsiparis sebagai starter pembinaan kearsipan nasional.

Tatkala kebutuhan terdekat untuk pacuan dan lompatan kearsipan, maka pilihan pun jatuh pada mesin dengan pengaturan turn up. Nalar pun dapat mengerti tatkala persepsi mengerucut pada kebijaksanaan.

Baca juga
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/07/17/kompetisi-arsiparis-teladan/

Meski sebagian besar menyisakan tanda tanya besar untuk para startup urusan kearsipan yang melihat sebagai ajang perlombaan demi pengakuan legitimasi prestasi.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: