Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan

Minggu, 03 November 2019

Mushola bagian 4

Tahun 2019 ini, bisa dibilang tingkat kebahagiaan warga di 🔛 perumahan Villa Tanah Baru menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan keceriaan anak2 yang bermain dan menjalani kegiatan di bulan Mei.

Baca juga https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/05/20/villa-tanah-baru/?preview=true

Mei 2019 yang bertepatan dengan bulan ramadhan pada tiap sore menjelang petang terlihat bapak ibu serta remaja berkumpul untuk sekedar mencicipi hidangan takjil yang juga memperlihatkan tingkat kebahagiaan. Pun demikian perencanaaan dan pelaksanaan penyediaan takjil oleh ibu2 menjadi pemantik tingkat kebahagiaan karena terselip semangat berbagi menggapai kebaikan dari Sang Pencipta.

Penulis melihat dan merasakan tingkat kebahagiaan dengan rasa takjub. takjub meniti 25 hari akhir akhir ini dan semoga tetap mengarahkan rasa penghambaan kepada sang Khaliq. Ketakjuban itu berasal dari kesediaan seluruh warga atas jadwal kegiatan ramadhan yang tersusun secara sangat sederhana. Jadwal imam, penceramah, donatur takjil di mushola yang baru saja berdiri menyulut aktivitas kemasyarakatan dibungkus nuansa kebersamaan di perumahan Villa Tanah Baru.

Ketakjuban ini saya tulis untuk menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada bapak ibu semua. Bukan dari seorang ketua RT, panggilan untuk menepati jadwal tersebut. Namun panggilan dari hati yang murni sebagai penghuni lingkungan pemukiman yang aman, nyaman, dan tumbuh rasa kebersamaan serta persaudaraan.

Tidak saja sampai di donatur takjil, sejak hari Senin tanggal 6 Mei 2019 di antara sholat isya dan tarawih, bapak2 bergiliran memberikan kuliah keagamaan. Ide dari jadwal yang disusun untuk mewujudkan ramadhan sebagai ajang pendidikan keagamaan Islam di perumahan ini disambut dengan kerelaan dan penuh kesadaran sosial.

Sambutan dari warga yang awalnya agak berat, agak membebani karena harus bergiliran berperan sebagai ustadz, namun menantang untuk mengekspresikan nilai keagamaan.

Gayung pun bersambut, perkataan ketua RT pada malam pertama di forum antara isya dan tarawih disampaikan bahwa nilai nilai agama Islam yang selama ini diidentikan dengan ceramah dari “ustadz” , dapat disampaikan dalam sudut pandang pengalaman dan pengamalan dari tiap warga. Bukan untuk menggurui, namun dapat memberikan perspektif untuk menginspirasi sesama warga di perumahan VTB tercinta.

Ajakan tersebut diterima dengan kerelaan bapak2 warga dan satu per satu dapat tampil untuk memeriahkan ramadhan tahun 2019 di Mushola Allah Ukhuwah. Bapak2 bergiliran menyampaikan perspektif pengamalan dan pengalaman nilai spiritual masing masing.

Secara bergantian tiap malam, bapak2 yakni ade akhyar Baderi, Ibnu, Dawai, Pratama, Apriyanto, Afrian, Bayu, Nurul, Anwari, Irwan, Eko, Nurdin, Maradhona, Surya, Gagah, Bogi, Yulius, Bien, dan nanti malam kesediaan Ari Cahyo. Masih tersisa beberapa hari dalam nuansa ditinggal mudik ke kampung halaman.

Baca juga https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/05/11/280/?preview=true

Meski lebaran akan jatuh pada tanggal 5 Juni, namun adanya cuti bersama selama dua hari, dua hari tanggal merah (kenaikan Isa Almasih & kesaktian pancasila), dan dua hari libur biasa(sabtu&minggu), pelaksanaan mudik serta liburan terlaksana lebih awal.

Di akhir tulisan ini, disampaikan permohonan maaf kepada beberapa warga yang lupa tanpa disengaja tidak tertulis pada jadwal. Kiranya dibuka kan pintu maaf dan dapat dimaklumi. Semoga tahun depan dapat menjadi prioritas pertama di dalam jadwal.

Tidak ada komentar: