Cumen cerita, Menyibak hikmah, ngaji, serba serbi, syukur, keseharian, hiburan, mikir, kearsipan

Minggu, 03 November 2019

Menulis (1)

Asyiknya menulis. Selain seni literasi juga bikin pengalaman merinding. Bulu kuduk merasa berdiri ketika seorang dosen kearsipan di salah satu Universitas ternama mengkonfirmasi artikel untuk dijadikan salah satu bahasan dalam gelar doktoral. Tulisan pada tautan https://nurulmuhamad.blogspot.com/2013/01/perkembangan-paradigma-kearsipan-di.html?m=1
Artikel tersebut terkait perkembangan paradigma kearsipan yang dipengaruhi oleh teori administrasi negara.

Meski beda platform blog dengan saat ini, namun masih bertujuan sama, hanya untuk menyimpan catatan tentang apa yang saya laksanakan di kehidupan keseharian. Salah satunya dalam melaksanakan tugas sebagai arsiparis. Saya beranggapan bahwa tulis menulis akan menuntun pola pikir dan pola tindakan dalam menjalani kehidupan.

Sehubungan dengan tujuan menulis dan isi tulisan hanya terkait aktivitas keseharian, metode penulisan pun boleh dibilang jauh dari kriteria ‘ilmiah’. Tulisan pada blog ini pasti tidak memenuhi persyaratkan metode penulisan pada jurnal kearsipan, majalah kearsipan, atau media publikasi lain yang dimiliki suatu lembaga.

Berkah tulisan berkesempatan menjadi pengajar dalam suatu workshop dalam rangka pekerjaan konsultan. Pada tahun 2009, seorang tenaga ahli di perusahaan konsultan manajemen perkantoran memberikan porsi seperempat hari kepada saya untuk menjadi pembicara workshop bersama para sekretaris di suatu perusahaan swasta di Jakarta Selatan. Waktu itu tema “index”

Lebih dari itu semua, saya kepikiran untuk mengulangi lagi karena penuangan ide tulisan masih belum terstruktur dan sistematis. Jika hidup boleh memilih, cukup dua pengalaman di atas saja yang menjadi catatan untuk memotivasi kebiasaan menulis.

Tulisan yang menceritakan keseharian dalam urusan kearsipan, hanya saya jadikan bumbu dan menjadi pemanas semangat bekerja. Pilihan bidang pekerjaan yang sesuai dengan angan2 sejak lepas dari pendidikan menengah atas.

Coba saja jika para pembaca berkenan untuk mereview judul judul tulisan dalam blog saya ini. Penentuan judul tulisan yang kadang belum sepenuhnya mencerminkan isinya.

Judul tulisan pada blog ini pun belum mengelompok sesuai dengan sistematika dalam bekerja. Tema tersebut antara lain aturan pekerjaan, bahan kerja, tata cara bekerja, perkembangan pengetahuan dan ketrampilan bekerja, pengalaman kerja, hasil kerja, perlengkapan bekerja, jabatan arsiparis, dan lingkungan kerja, serta serba serbi lainnya.

Namun demikian, saya merasa termotivasi dan menjadi kepuasan dalam menulis adalah ketika mereview kembali blog dan melihat statistik pembaca. Statistik pembaca berdasarkan artikel atau tulisan sampai dengan hari Selasa, 25 Juni 2019 masuk dalam kelompok tema ‘jabatan arsiparis” telah dibaca sebanyak 173 kali.
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/02/13/penilaian-arsiparis-via-skp/

Peringkat kedua setelah artikel di atas adalah tema ‘ hasil kerja’ yang telah dibaca sebanyak 154 kali pada tautan
https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2019/04/01/catatan-kerja-arsiparis/

Posisi ketiga yakni sebanyak 154 kali adalah artikel pada tautan https://muhamadonlinecom.wordpress.com/2018/12/03/arsiparis-teladan/

Dari ketiga judul tulisan di atas, mempunyai kesamaan judul yakni kata “arsiparis”. Jumlah pembaca tersebut mencerminkan promosi tulisan yang sering dilakukan hanya pada WAG arsiparis.

Platform wordpress versi android ini menjadi lapak kedua saya setelah sebelumnya blogspot. Sebagai pendatang baru, tepatnya sembilan bulan yang lalu terdaftar sebagai warga wordpress, capaian total pembaca 6.200 kali merupakan tambahan motivasi untuk menulis.

Pada blog sebelumnya dg platform blogspot, capaian pembaca sampai hari ini adalah 284 ribu yang hanya menampilkan 200 an artikel.

Akhirnya, semoga kebiasaan menulis dapat membentuk pola pikir yang lebih sistematis dan terstruktur. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: